Surat Terbesar Muncul Gemparkan Palestina

21 04 2009

RAMALLAH, TEPI BARAT (SuaraMedia) – Aktivis Palestina memanjat tangga kayu yang bersandar pada pembatas pemisah Tepi Barat Israel pada Jum’at dan dengan hati-hati menyemprotkan cat dengan bahasa Inggris “My dear Palestinian brothers” (Saudara Palestinaku sayang) – kata-kata pertama dari apa yang mereka katakan akan berubah menjadi sebuah surat yang membentang sejauh 1,6 mil.

Surat tersebut, ditulis oleh aktivis hak-hak azazi manusia Afrika Selatan Farid Esack, berpendapat bahwa perlakuan Israel kepada Palestina yang hidup di bawah aturan militer dalam beberapa hal menjadi lebih buruk dari pada apa yang diderita orang-orang kulit hitam selama era apartheid di Afrika Selatan. Israel telah dengan keras menolak perbandingan-perbandingan tersebut.

Para aktivis berharap bahwa kata-kata yang disemprotkan pada sebuah bidang dinding utara Yerusalem, akan menyoroti pertentangan terhadap pembatas tersebut.

Israel mulai membangun pembatas tersebut (tembok rasis.red) dari pagar-pagar elektronik dan lempengan-lempengan beton, pada 2002, yang diikuti sebuah gelombang serangan tembakan dan peledakan oleh para pejuang Palestina. Kritik-kritik menyebutnya sebagai sebuah perebutan tanah karena pembatas penghalang tersebut memotong jauh ke dalam Tepi Barat di beberapa tempat.

Bagian-bagian tembok penghalang telah menjadi kanvas populer bagi grafitti. Selama lebih dari 18 bulan, kelompok yang menulis huruf yang sangat besar tersebut telah menyebarkan pesan-pesan yang disusun melalui internet.

Sebuah pesan rata-rata berharga sekitar $40, tetapi pesan tersebut akan berharga sekitar $21.000 untuk menyelesaikan surat tersebut, Faris Arouri berkata, yang memimpin tim 12 anggota dari seniman dinding. Ia mengatakan artis-artis dinding dan pendukung-pendukung Eropa mengumpulkan uang pribadi untuk membayar bahan-bahan dan membuat sebuah dokumenter tentang proyek tersebut.

Surat dengan 1.998 kata akan ditulis dengan satu baris. Arouri mengatakan bahwa surat tersebut sedang ditempatkan tinggi di dinding sehingga tidak menutupi pekerjaan orang-orang lain, dan akan berakhir tepat di selatan pos pemeriksaan Qalandia dimana warga Palestina berkunjung untuk memasuki Yerusalem sering menghadapi penundaan yang panjang. Rencana tersebut akan diselesaikan pada 15 Mei. (ppt/ap) Dikutip oleh SuaraMedia.com


Aksi

Information

One response

28 04 2009
GANDUNG

GO TO HELL ISRAEL…!!
GO TO HELL ANTEK-ANTEK ISRAEL, PARA MUNAFIKIN, DAN RAJA-RAJA BONEKA…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: