Presiden Iran: Tolak Sistem Perekonomian Kapitalis

8 04 2009

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengingatkan bahaya sistem perekonomian kapitalisme yang sedang disebarluaskan oleh AS dan sekutu-sekutunya. Ahmadinejad mengatakan, sistem perekonomian kapitalisme terbukti sebagai sistem perekonomian yang gagal. Untuk itu ia menyerukan pembentukan tata perekonomian dunia yang baru.

“Saya ingin mengatakan bahwa sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang salah. Sekarang negara-negara yang menganut sistem tersebut sedang berusaha memperbaharui sistem yang telah menyebabkan krisis ekonomi global itu,” kata Ahmadinejad pada para wartawan saat kunjungannya ke Kazakhstan.

“Kita membutuhkan sistem finansial yang baru, sistem yang adil, yang merupakan sistem perekonomian yang riil,” sambungnya.

Ahmadinejad menyatakan, kekuatan-kekuatan ekonomi dunia telah membebani masyarakat dunia dengan kesalahan sistem perekonomian yang mereka anut, yaitu sistem kapitalisme yang curang dan tak bermoral. Oleh sebab itu, Ahmadinejad menyebut krisis yang terjadi sekarang sebenarnya krisis moral dan bukan krisis finansial.

Pada kesempatan itu, Ahmadinejad juga menyatakan dukungannya terhadap ide Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev yang mengusulkan pemberlakuan satu saja mata uang dunia. “Usulan yang bagus. Kami memandangnya sebagai ide yang baik dan benar. Dunia membutuhkan satu mata uang saja, mata uang yang riil,” kata Ahmadinejad. (eramuslim.com)


Aksi

Information

One response

20 08 2009
fayhan

perekonomian kapitalis adalah prekonomian yg dianggap curang, or tak bermoral. yaitu prekonopmian yg menguntungkn satu pihak. Tak memandang siapapun yg mau bekerja sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: