Khazanah al-Hikmah AhlulBayt Nabi SAW.

27 03 2009

1. Imam Ali as berkata : “Barangsiapa yang telah yakin, niscaya diamalkannya dengan sungguh-sungguh.” (Al-Hayah 1 : 94)

2. Imam al-Shadiq as berkata : “Tiada sesuatu pun pasti ada tandanya” Lalu seseorang bertanya kepada Imam, “Apa tanda yakin?”
Imam as menjawab : “Tidak takut kepada siapa pun (selain Allah)!”
(Tuhaf al-‘Uqul : 266)

3. Imam al-Shadiq as berkata : “Kucari nur-qalbu (cahaya hati), maka kutemukan itu di dalam tafakkur dan menangis.” (Mustadrak al-Wasail 2 : 357)

4. Imam al-Baqir as berkata : “Di dalam firman Allah Ta’ala : “Inna fii dzaalika la ayati lil mutawasimiin…– Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda. (QS Al-Hijr [15] : 75), maka Imam as menjelaskan : “Mereka itu adalah para imam (Ahlul-Bayt yang suci), sebagaimana Rasulullah Saw bersabda : “Takutilah olehmu firasat orang mu’min, sesungguhnya ia melihat dengan nur Allah.”
(Bashair al-Darajat : 357)

5. Imam al-Shadiq as berkata : “Ketahuilah olehmu, bahwa amal yang dilakukan secara kontinyu, walau sedikit namun didasari keyakinan lebih utama di sisi Allah ketimbang amal yang banyak tetapi tidak didasari keyakinan.” (Tuhaf al-‘Uqul : 264)

6. Rasululullah Saw bersabda : “Barangsiapa yang mengenal musibah (bala’) niscaya akan bersabar atasnya. Sebaliknya orang yang tidak mengnela musibah tidak akan mampu bersabar & mengingkarinya.” (Bihar al-Anwar 71 : 83; Al-Hayah 1 : 94)

7. Imam Ali as berkata : “Tidak akan mampu bersabar di jalan Kebenaran kecuali orang yang telah mengenal keutamaannya.” (Al-Hayah 1 : 94)


Aksi

Information

Tinggalkan komentar